Thursday, December 5, 2019

2 Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Partisi atau Drive di Windows


Dalam penggunaan PC atau laptop terdapat beberapa komponen penting, salah satunya adalah harddisk. Harddisk sendiri merupakan media penyimpan yang sangat penting pada PC atau laptop, dimana semua data kita tersimpan di harddisk. Dalam harddisk terdapat beberapa bagian yang disebut partisi. Salah satu contohnya partisi atau drive C yang dikhususkan untuk penyimpanan file system.

Bagi sobat pengguna PC atau laptop pasti memiliki data atau file penting yang tersimpan di dalam harddisk. Atau mungkin sobat telah membuat partisi atau drive khusus untuk file - file penting tersebut. Lalu bagaimana jika sobat ingin file penting tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain selain sobat, salah satu cara yaitu dengan kita menyembunyikan partisi atau drive yang di dalamnya terdapat file penting kita.

Sesuai dengan penjelasan di atas, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan tips atau trick sederhana yaitu, 2 Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Partisi atau Drive di Windows. Dalam penerapannya kita akan melakukan 2 (dua) metode, yang pertama menggunakan Disk Management dan yang kedua menggunakan CMD (Command Prompt).

Untuk caranya silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

Baca juga :

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Partisi atau Drive di Windows Menggunakan Disk Management

Yang pertama, buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada This PC (Windows 8 & 10) atau Computer (Windows 7) dan pilih Manage.


Setelah itu, pilih Disk Management kemudian klik kanan pada partisi atau drive yang ingin disembunyikan dan pilih Change Drive Letter and Paths. Di sini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan menyembunyikan partisi atau drive E.


Selanjunya klik Remove, lalu klik Yes.
Note : data atau file sobat tidak akan terhapus, jadi sobat tidak perlu khawatir.. :-)



Sekarang partisi atau drive yang sobat sembunyikan sudah tersembunyi.

Lalu bagaimana menampilkannya kembali. Caranya sama seperti langkahnya di atas, pilih Disk Management kemudian klik kanan pada partisi atau drive yang tersembunyi dan pilih Change Drive Letter and Paths.


Selanjunya klik Add, lalu pilih partisi atau drive dan klik OK.



Sekarang partisi atau drivenya sudah muncul kembali.

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Partisi atau Drive di Windows Menggunakan CMD (Command Prompt)

Yang pertama, klik kanan pada Start dan pilih Run atau tekan tombol Start + R di keyboard. Setelah itu ketik cmd dan klik OK.



Selanjutnya, ketik diskpart lalu tekan Enter.


Kemudian ketik list volume lalu tekan Enter.


Langkah selanjutnya ketik select volume (angka sesuai partisi atau drive yang ingin disembunyikan), lalu tekan Enter. Di sini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan menyembunyikan partisi atau drive E.


Setelah itu, ketik remove letter (partisi atau drive yang ingin disembunyikan), lalu tekan Enter.


Jika berhasil maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.


Sekarang partisi atau drive yang sobat sembunyikan sudah tersembunyi.

Untuk menampilkan partisi atau drivenya lagi, silahkan sobat lakukan langkah yang sama seperti di atas.

Klik kanan pada Start dan pilih Run atau tekan tombol Start + R di keyboard. Setelah itu ketik cmd dan klik OK. Selanjutnya, ketik diskpart lalu tekan Enter. Kemudian ketik list volume lalu tekan Enter. Langkah selanjutnya ketik select volume (angka sesuai partisi atau drive yang ingin ditampilkan), lalu tekan Enter.

Setelah itu, ketik assign letter (partisi atau drive yang ingin ditampilkan) dan tekan Enter.


Jika berhasil maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.


Sekarang partisi atau drivenya sudah muncul kembali.

Untuk jelasnya, sobat dapat melihat pada video di bawah ini.

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Partisi atau Drive di Windows


Demikian tips atau trick sederhana yaitu, 2 Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Partisi atau Drive di Windows, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email