Wednesday, January 6, 2021

7 Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh

 
Mungkin para sobat sekalian pernah mendengar manfaat dari buah – buahan bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak buah – buahan memang adalah salah satu cara agar kita terhindar dari berbagai penyakit, karena buah – buahan tersendiri merupakan sumber dari vitamin mineral esensial yang di dalamnya terdapat kandungan yang kaya serat.

 
Dengan mengkonsumsi buah – buahan merupakan salah satu usaha kita dalam menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini adalah 7 Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh.

 

Menguatkan Tulang dan Otot

Yang pertama, buah – buahan juga dapat memperkuat tulang dan otot kita. Selain dari bagian pola hidup sehat, buah juga dapat membantu memperkuat tulang dan otot kita. Dari sebuah studi di Universitas Negeri Florida pada tahun 2011 telah menemukan, bahwa dengan mengkonsumsi buah khususnya plum kering dapat membantu mencegah osteoporosis. Salah satunya buah alpukat juga bisa menjadi pilihan untuk memperkuat tulang kita.
Selain itu, dalam studi lainnya yang dilakukan oleh Universitas of East Anglia juga telah menemukan, bahwa vitamin C dapat membantu kita dalam mempertahankan massa otot. Seperti yang kita tahu, bahwa vitamin C banyak terdapat pada buah – buahan.


Meminimalisir Risiko Penyakit

Manfaat yang kedua dari buah –buahan adalah dapat meminimalisir risiko penyakit dalam tubuh kita. Dalam studi pada tahun 2003 yang lalu telah menemukan bahwa buah/ sayuran dapat menurunkan atau meminimalisir penyakit jantung, dalam penemuan tersebut pada tahun 2003 Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa buah juga dapat meminimalisir risiko terserangnya penyakit Diabetes Tipe 2.
Selain itu, buah juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, meminimalisir risiko terkena kanker tertentu dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena itu, dengan sobat mengkonsumsi buah, secara tidak langsung sobat sudah menjauhkan tubuh sobat dari berbagai penyakit yang berbahaya.


Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Untuk manfaat buah – buahan yang ketiga ini, dapat menjaga tubuh kita agar tetap terhidrasi. Ada buah – buahan tertentu yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang dapat membantu tubuh kita agar tetap terhidrasi. Buah semangka adalah salah satunya yang memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Selain buah semangka, buah stroberi juga memiliki kandungan air sekitar 92%. Lalu kemudian buah grapefruit dan blewah juga terdapat kandungan air sekitar 90%, dan masih banyak lagi buah – buahan lainnya yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi.


Kandungan Antioksidan Dalam Mengatasi Radikal Bebas

Manfaat yang keempat dari buah – buahan adalah memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas. Radikal bebas merupakan atom kecil yang tidak stabil sehingga dapat membuat kita lebih cepat merusak sel yang sehat dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Sedangkan antioksidan adalah zat yang dapat membantu tubuh kita dalam mengatasi terjadinya radikal bebas dalam tubuh kita. Meskipun semua buah – buahan memiliki kandungan antioksidan (pada tingkat tertentu), untuk mendapatkan antioksidan baik pada buah, alangkah baiknya memilih buah yang matang.


Penyedia Vitamin dan Mineral

Manfaat yang kelima, buah – buahan merupakan penyedia vitamin dan mineral. Dalam menjaga pola hidup sehat, tubuh kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral yang berbeda. Hampir seluruh vitamin dan mineral dapat kita temukan di berbagai buah – buahan. Ada beberapa nutrisi seperti, kalsium dan kalium yang sangat penting untuk kelangsungan hidup. Misalnya, hati yang membutuhkan natrium dan kalium untuk terus memompa. Buah alpokat, ara, persik dan kiwi adalah sala satu buah – buahan yang memiliki sumber kalium yang baik.


Kaya Serat

Yang keenam, manfaat buah – buahan adalah memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh kita. Kandungan serat sendiri dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada darah. Dengan begitu, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu kandungan serat juga sangat penting dalam kesehatan usus. Semua itu dapat membantu dalam pelancaran usus kita, sehingga dapat mencegah penyakit seperti, wasir dan divertikulosis.


Mencerahkan Kulit

Manfaat terakhir atau yang ketujuh dari buah – buahan adalah dapat membuat kulit kita menjadi cerah. Radikal bebas yang ada dalam tubuh kita dapat membuat kulit kita tampak menua. Maka dari itu, antioksidan yang terdapat dalam buah – buahan dapat membantu mengatasinya. Selain itu, buah yang memiliki lemak yang sehat seperti, alpukat juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin C yang dimiliki buah – buahan juga bagus untuk kulit, karena membantu tubuh kita untuk memproduksi lebih banyak lagi koligen.


Demikian artikel mengenai 7 Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email