Sunday, June 16, 2019

Cara Defrag Harrdisk di Windows Dengan Mudah


Dalam usia pemakaian harddisk yang semakin lama, tidak dipungkiri kinerja dari harddisk pada PC atau laptop kita akan mengalami penurunan peforma. Dari hal tersebut yang merupakan salah satu penyebabnya adalah terbentuknya fragmen pada harddisk tersebut. Oleh karena itu, dalam mengatasi hal ini, sobat harus melakukan pendefragkan secara berkala.

Defrag atau defragment sendiri, merupakan tools default windows yang memiliki fungsi untuk menyusun atau merapikan kembali data yang terdapat di dalam harddisk. Dalam penyusunan atau pengrapian data yang ada di dalam harddisk, bertujuan agar menjaga stabilitas dan menghindari harddisk kita dari yang namanya bad sector.

Baca juga :
Nah, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan sedikit tips bagaimana Cara Defrag Harrdisk di Windows Dengan Mudah, silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

Cara Mendefrag Harrdisk di Windows

Yang pertama, silahkan sobat buka windows explorer terlebih dahulu. Setelah itu, klik kanan pada salah satu partisi atau drive, lalu pilih Properties.


Selanjutnya, pada Windows 8 dan 10 sobat pilih menu Tools -> Optimize, Sedangkan Windows 7 Tools -> Defrag now.


Setelah itu, tandai semua drive, lalu pilih Analyze all dan tunggu hingga proses selesai.


Setelah  proses Analyzenya selesai, silahkan sobat lihat persentase dari setiap drivenya. Sebenarnya tidak ada angka pasti berapa persen untuk melakukan pendefragkan pada setiap drive, namun dilihat dari berbagai sumber dalam melakukan pendefragkan yaitu, di atas 5%.

Jika setelah melakukan proses Analyze dan hasil menunjukan salah satu drive di atas 5%, silahkan sobat pilih drive yang menunjukan angka di atas 5% tersebut, lalu pilih Optimize dan tunggu hingga proses pendefragkannya selesai.


Demikian tips sederhana bagaimana Cara Defrag Harrdisk di Windows Dengan Mudah, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email