Thursday, March 28, 2019

Cara Mengatasi Smartphone atau HP Android yang bekerja Lambat/ Lemot


Selamat pagi, siang, sore atau malam sobat TOP GLOBAL SOLUTIONS, semoga dalam keadaan sehat wal afiat semuanya. Dalam era sekarang ini, dunia technology semakin canggih, khususnya pada smartphone yang akan kita bahas sekarang ini. Bahkan sekarang ini sudah mulai bermunculan smartphone android yang memiliki RAM sampai dengan 8 GB, dengan bertujuan agar android tersebut tidak lambat atau lemot dalam proses pengoperasiannya.

Tetapi, tidak semua orang akan “mampu” atau belum bisa memiliki smartphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi, sehingga terkadang bagi sobat yang memiliki smartphone atau HP android yang spesifikasinya rendah, sering mengalami kelambatan atau lemot pada pengoperasian kinerja smartphonenya.

Namun, seberapa besar RAM dalam smartphone yang sobat miliki, belum tentu juga bisa mengatasi kelambatan atau lemot pada smartphone tersebut. Terjadi kelambatan atau lemot pada smartphone ini, bisa saja terjadi karena banyak faktor, bukan hanya pada RAMnya saja.

Nah, untuk itu TOP GLOBAL SOLUTIONS ingin memberikan sedikit tips bagaimana Cara Mengatasi Smartphone atau HP Android yang bekerja Lambat/ Lemot. Sebelum kita bahas solusinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Faktor penyebab HP Android Lambat atau Lemot

Pertama, kemungkinan dalam smartphone sobat terlalu banyak aplikasi yang terinstal, sehingga banyak memory yang terpakai, bahkan bisa saja kehabisan ruang penyimpanan pada aplikasi tersebut.

Kedua , salah satu faktor smartphone akan terasa lambat, apabila konsumsi RAM yang melebihi kapasitas. Sobat jangan sampai membuka terlalu banyak aplikasi yang berat secara bersamaan. Besar atau kecil RAM smartphone yang sobat miliki, jika melebihi kapasitas pasti akan terasa lambat atau lemot dalam proses pengoperasiannya.

Ketiga, hal ini yang terkadang kita tak sadari, karena banyak pengguna smartphone yang lupa untuk mematikan aplikasi yang berjalan. Karena, ada beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat dengan sistem pengoperasiannya dapat berjalan di background atau belakang layar. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, maka memory RAM akan menjadi penuh dan smartphone sobat akan lambat atau lemot.

Keempat, penggunaan sistem yang lawas juga dapat menjadikan masalah yang cukup signifikan. Hal ini bisa terjadi, karena diperlukan kesesuaian aplikasi dengan sistem yang sobat gunakan.

Kelima, kalau yang satu ini pasti sobat tidak asing lagi mendengarnya, salah satu faktor penyebabnya yaitu, virus. Pada kasus ini, virus sendiri secara tidak sengaja terduplikasi masuk kedalam smartphone sobat dan mengakibatkan smartphone sobat mengalami penurunan kinerja.

Oke, kurang lebih seperti itulah beberapa faktor yang menyebabkan smartphone atau HP Android menjadi lambat atau lemot. Sekarang, bagaimana kita mengatasinya?, berikut ini adalah beberapa solusinya.

Solusi Agar HP Android Tidak Lambat atau Lemot

Gunakan Aplikasi Dengan Bijak


Jika terlalu banyak aplikasi juga dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone sobat. Semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka semakin banyak pula memori penyimpanan yang tersimpan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya sobat bisa menyaring aplikasi-aplikasi apa saja yang penting yang memang harus dibutuhkan dan menghapus atau menguninstal aplikasi yang sobat rasa kurang berguna.

Pembersihan Pada Memory Internal


Salah satu faktor menurunnya kinerja smartphone karena kapasitas memori internal yang hampir penuh. oleh karena itu sobat harus lebih sering melakukan pembersihan data cache yang tersimpan, terutama pada pengguna smartphone yang memiliki kapasitas memory internal yang kecil.

Kemudian sobat juga bisa melakukan pemindahan data seperti, fhoto, video dan file data lainnya yang berada di memory internal sobat. Jika sobat memiliki memory eksternal, perangkat komputer, flashdisk atau media penyimpanan lainnya, sobat bisa memindahkan data atau file ke salah satu media penyimpanan tersebut. Hal ini akan sedikit membantu pengurangan atau pelonggaran pada ruang kapasitas memory internal sobat.

Pengupdatetan Sistem Dan Aplikasi


Seperti yang dijelaskan pada faktor penyebab HP android lambat atau lemot di atas pada point ke empat, penggunaan sistem yang lawas atau tua dapat menjadi permasalahan yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, sobat juga harus sering mengecek software terbaru. Sobat harus memperbaharui atau mengupdate aplikasi-aplikasi ke versi terbarunya.

Anti Virus di Smartphone


Meskipun tidak terlalu mengganggu secara langsung pada smartphone sobat, namun virus bisa saja menjadi salah satu penyebab yang mengakibatkan menurunnya kinerja smartphone yang sobat gunakan. Untuk itu, sobat bisa menginstal anti virus yang menurut sobat cocok, namun perlu diketahui terlalu banyak anti virus juga dapat mempengaruhi penurunan kinerja smartphone.

Aplikasi anti virus hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem yang terus berjalan di background atau belakang layar, sehingga memberikan dampak pada RAM yang boros dan akhirnya smartphone sobat menjadi lambat atau lemot. Maka dari itu, sobat cukup menggunakan satu anti virus saja yang diinstal.

Demikian tips sederhana bagaimana Cara Mengatasi Smartphone atau HP Android yang bekerja Lambat/ Lemot, semoga bermanfaat dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email